Posting Perdana

foto widiMengapa Kita Menguap ?

Belum ada jawaban pasti mengapa manusia atau binatang menguap. Selama ini yang kita ketahui adalah bahwa manusia atau binatang menguap karena lelah atau bosan. Tapi tidak ada bukti kuat yang mendukung anggapan ini.

Tapi ada penjelasan yang lebih masuk akal tentang hal ini. Kita menguap karena kandungan oksigen dalam paru-paru kita sudah berkurang. Penelitian menunjukkan bahwa pada saat kita bernafas normal, kita tidak menggunakan paru-paru secara penuh.

Di dalam paru-paru ada organ yang bernama alveoli, atau kantung udara. Alveoli ini berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke dalam darah dan menyedot karbondioksida untuk kemudian dikeluarkan.

Jika alveoli tidak mendapatkan udara segar, dia akan kempis dan paru-paru agak mengeras. Otak kemudian segera bereaksi untuk memerintahkan mulut menguap dan menarik udara (oksigen).

Tetapi aspek-aspek tertentu dari menguap tetap merupakan misteri. Janin di dalam rahim, misalnya, juga menguap. Namum belum diketahui apakah memang janin menarik oksigen melalui paru-parunya. Menguap juga tampaknya merupakan gejala sklerosis ganda dengan sebab-sebab yang belum diketahui.

Fenomena lain yang tetap menjadi misteri adalah pada binatang jantan, menguap berhubungan dengan ereksi penis meski tidak selalu binatang tersebut ingin berhubungan seks.

Sumber Data : Pikiran Rakyat, Kamis 2 Januari 2003

Satu Balasan ke Posting Perdana

  1. Matrisoni mengatakan:

    Ass.wr.wb. Selamat ya bu..akhirnya beres juga blog Ibu widi, ini postingan perdananya bu….semoga ibu bisa berkarya, berkreasi dan yang paling penting bisa saling berbagi ilmu dengan siswa, guru dan semua orang. Sukses buat kita semua para pendidik, semoga Dwiwarna Cyber Education semakin cepat terwujud.
    Good Luck

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: